Let’s travel together.

Apa Itu Tempat Wisata? Apa Saja Jenis-jenisnya?

0 42

Kamu dapat melakukan wisata dengan keluarga, teman-teman, kerabat bahkan dengan kekasih kamu sendiri. Meluangkan waktu untuk berwisata adalah salah satu hal penting karena dapat memberikan ketenangan, kedamaian dan seolah-olah merefreshkan kembali pikiran kamu. Kamu dapat melakukan perencanaan terlebih dahulu untuk melakukan wisata.

Banyak di Indonesia maupun luar negeri yang dijadikan sebagai tempat wisata yang dapat kamu kunjungi.

Apa Itu Wisata?

travel

Berdasarkan KBBI pengertian wisata merupakan bepergian dengan cara bersama-sama yang bertujuan untuk senang-senang, menambah wawasan dan pengetahuan serta lainnya. Selain itu, dapat diartikan pula sebagai tamasya maupun piknik. Berdasarkan pendapat kami, pengertian destinasi wisata adalah suatu kegiatan atau aktivitas perjalanan yang dapat menenangkan hati serta pikiran dan menyegarkan otak.

Wisata merupakan semua pemberian layanan perencanaan serta pengemasan dalam perjalanan wisata, yaitu: meliputi tempat wisata, sarana wisata, daya tarik wisata, serta jasa pariwisata di antaranya melakukan penyelenggaraan serta penjualan paket berwisata.

Kata tempat wisata pada kehidupan kita tentunya tidak asing ditelinga masyarakat, apalagi di jaman kini. Semakin mudah untuk dapat melakukan bepergian kemanapun dengan menggunakan transportasi yang sudah disediakan, misalnya transportasi laut, udara dan darat. Wisata tersebut memiliki arti secara tersendiri yang dapat menghasilkan suasana yang baru serta keindahan pada hati. Wisatapun dapat merubah suatu keadaan sehingga menjadi ceria.

Singkatnya, pengertian tempat wisata merupakan tempat digunakan melakukan kegiatan tamasya atau wisata. Tempat tujuannya dapat pada area pegunungan, pantai bahkan tempat-tempat ramai lainnya. Tetapi, terdapat pula tempat wisata dalam bentuk bangunan, misalnya: gedung museum, benteng-benteng peninggalan yang bersejarah bahkan candi-candi yang ada di Indonesia ini.

Apa Saja Jenis-jenis Wisata?

Liburan maupun wisata tidak sedikit objek yang dapat kamu kunjungi misalnya ke pantai, gunung, candi, air terjun, danau serta banyak lainnya. Maka itu, dibawah ini kami uraikan mengenai jenis wisata berdasarkan tempat wisata serta tipe-tipe wisatawannya supaya dapat dijadikan referensi untuk wisatawan maupun traveler.

  • Wisata Alam

Wisata alam merupakan perjalanan memanfaatkan potensi SDA serta lingkungan sebagai objek tujuannya, yang mana tempat tersebut dapat menyuguhkan panorama yang indah, alami serta keajaiban alam, yang dapat memberi kesejukan, membuat sipapun menjadi lebih nyaman hingga akan menghilangkan stress serta lainnya, misalnya: wisata alam gunung, pantai, danau, hutan, kawah, curug, dan lainnya.

  • Wisata Bahari atau Maritim

Wisata maritim yaitu kegiatan wisata dikaitkan bersama air misalnya olahraga air di danau, teluk lain, pantai atau seperti memancing, menyelam, berlayar, balapan mendayung, lihat tanaman laut. Dan banyak referensi air yang tidak sedikit dilakukan pada daerah atau negara maritim. Di Indonesia tidak sedikit tempat berlibur serta daerah mempunyai potensi maritim tersebut, misalnya Pulau Seribu, Danau Toba, serta pulau-pulau kecil lainnya.

  • Wisata Taman Konversi atau Cagar Alam

Wisata konversi merupakan tempat wisata hayati agar dapat melihat pohon maupun tanaman serta hewan-hewan pada habitat tertentu. Biasanya terdapat tour guide pemerintahan setempat, misalnya cagar alam, hutan daerah, taman lindung, serta lainnya yang kelestariannya terlindungi Undang Undang.

  • Wisata Religi serta Sejarah

Indonesia mempunyai keanekaragaman agama. Agama yang ada di Indonesia semuanya menjadi penyebab tempat-tempat religius dapat dijadikan sebagai tempat liburan untuk wisatawan. Wisata religi tersebut adalah perjalanan bertujuan agar dapat meningkatkan kecintaannya terhadap agama serta melakukan berbagai aktivitas ritual misalnya zikir, berdoa serta lainnya karena semata-mata tidak hanya bersenang-senang saja.

  • Wisata Ziarah

Wisata yang satu ini seringkali disebut dengan keagamaan, sejarah, adat serta kepercayaan umat maupun kelompok lainnya pada masyarakat. Wisata ini tidak sedikit dilakukan perorangan maupun rombongan pada tempat-tempat suci, makam-makam besar maupun pemimpin diagungkan, bukit maupun gunung dianggap keramat selain lainnya.

Demikian penjelasan tentang tempat wisata dengan jenis yang dapat kamu pilih ketika akan melakukan wisata dengan keluarga, teman maupun kerabat. Selamat berwisata!

Leave A Reply

Your email address will not be published.